5 Amalan yang di doakan Malaikat - Andalusia Islamic Center

5 Amalan yang di doakan Malaikat

Oleh : ust. Abdul Mughni, BA, MHi

Bismillah wa Alhamdulillah wa al Sholatu wa al Salamu ala Rasulillah shollaallahu ‘alayhi wa sallam...

Allah menciptakan berbagai makhluk, salah satunya di dunia ini adalah manusia, dan pada alam lain Allah menciptakan malaikat yang memiliki tugas dan kewajiban sebagaimana yang ditetapkan Allah kepada mereka. Malaikat Allah ciptakan dari cahaya sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim rahimahullah bahwa Allah menciptakan malaikat dari cahaya dan jin dari api. Mereka para malaikat adalah ciptaan Allah yang wajib kita imani dan menjadi salah satu dari rukun iman yang enam (2;177) jumlah mereka hanyalah Allah yang mengetahuinya, bentuk mereka sebagaimana dalam hadis nabi ketika menjelaskan Malaikat Jibril yang memiliki ratusan sayap, sedangkan malaikat juga memiliki sayap dua, tiga dst (35;1) mereka para Malaikat tidak pernah bermaksiat kepada Allah dan melaksanakan segala perintahNya (66;6), bertasbih dan menyucikan Allah siang dan malam dan tidak pernah bosan (21;20) (41;38) Sungguh mereka adalah ciptaan Allah yang mulia dan istimewa dengan berbagai tugas yang telah ditetapkan Allah, jika sebegitu besar posisi mereka disisi Allah, bagaimanakah jika mereka berdoa dan memohon kepadaNya, tentunya menjadi salah satu doa yang sangat istimewa dan sangat dekat untuk dikabulkan Allah. Semua umat Islam wajib beriman, mencintai dan menghargai serta menghormati para Malaikat dengan cara menjauhkan diri dari maksiat kepada Allah. Disisi lain kita dapat melaksanakan perbuatan yang mendatangkan kecintaan malaikat dan menyebabkan mereka berdoa kebaikan kepada hamba Allah yang melakukannya. Dibawah ini adalah 5 amalan yang dapat menyebabkan doa malaikat, lima hanya sebagai contoh, masih banyak amalan lain yang dapat menghadirkan doa baik dari para malaikat yang mulia.

Pertama : Berkunjung karena Allah, seperti mengunjungi orang sakit, atau kunjungan menyambung tali kerabat ataupun kunjungan kepada sesama saudara dalam islam dan iman. Hadis nabi Muhammad shollaallahu ‘alayhi wa sallam menyebutkan “ siapa yang menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya seiman, maka Malaikat berkata sungguh baik dirimu dan perjalanan yang telah kau tempuh dan kau telah menyiapkan tempat di surga” (HR Ahmad dan Turmuzi). Berkunjung kepada kerabat dan kawan adalah sebuah perbuatan yang disukai dan dapat mendatangkan doa dari para malaikat yang mulia, janganlah kita membatasi amalan ini hanya di bulan Syawwal saja seperti yang umumnya dilakukan, padahal pahala dan balasan serta ganjaran silaturrahim begitu besar yaitu rezeki yang dilapangkan dan usia yang dipanjangkan, bisa jadi karena doa para malaikat.

Kedua : Sedekah, dalam hadis yang populer dan shohih karena diriwayatkan oleh Imam Bukhory dan Imam Muslim rahimahumallah, bahwa setiap pagi terdapat dua malaikat yang turun dan berdoa memohon kepada Allah agar memberikan pengganti, balasan bagi yang berinfaq dan memberikan kehancuran bagi yang tidak berinfaq. Doa yang sangat tegas dan jelas sekaligus ancaman kehancuran dan kebinasaan bagi yang bakhil dan enggan untuk berbagi, dan ini terjadi pada setiap pagi hari. Jika setiap hari di waktu pagi kita mengingat hadis dan pesan kebaikan serta doa yang dipanjatkan oleh malaikat, maka dengan pasti kita bersemangat menjadi individu yang gemar dan peduli untuk berbagi dan dihari tersebut banyak keberkahan yang diberikan Allah, semoga kita diberikan semangat untuk berbagi sekalipun sedikit, karena yang berarti dan bernilai disisi Allah adalah yang paling tulus sekalipun sedikit, apalagi jika banyak yang diberikan maka semakin banyak manfaat dan kebaikan yang dirasakan.

Ketiga : Mendoakan saudara tanpa sepengetahuanya, dalam istilah hadis disebut dengan kata (zhohril ghoyb). Seorang yang beriman adalah yang mencintai saudaranya sebagaimana dalam hadis nabi yang menyebutkan “ tidaklah sempurna keimanan seseorang hingga dia mencintai saudaranya seperti dia mencintai dirinya sendiri “ (Muttafaqun ‘alayhi). Kita menginginkan kebaikan buat diri kita pribadi, maka kitapun menginginkan kebaikan tersebut ada dan terjadi buat saudara kita yang lain, tidaklah kita sombong dan angkuh melainkan cinta ini menghadirkan perasaan tawadhu’. Sungguh sebuah konsep tentang kemanusiaan yang sangat sarat nilai dan makna, hanyalah mereka yang dijauhkan dari egoisme dan cinta kepada dirinya secara berlebihan, maka kepadanya dimudahkan untuk memiliki rasa cinta suci ini terhadap saudaranya. Makanya dengan mudah dia akan mendoakan saudaranya tanpa perlu menginformasikan hal doanya kepada saudaranya tersebut, inilah yang difahami dari hadis nabi Muhammad shollaallahu ‘alayhi wa sallam “ Doa seorang muslim untuk kebaikan saudaranya tanpa sepengetahuanya adalah doa yang mustajabah, karena terdapat malaikat yang mengaminkan setiap kali berdoa kebaikan malaikatpun berkata aamin dan kepadamu hal yang serupa” (HR Muslim). Doa yang seperti sungguh lahir dari ketulusan dan keikhlasan, karena tidak perlu diketahui orang lain, makanya malaikat pun mendoakan kepadanya. Dan semakin banyak kita mendoakan kebaikan kepada orang lain maka dengan izin Allah akan banyak manfaat yang kembali kepada kita.

Keempat : Doa ketika mendengar ayam berkokok

Pada waktu pagi biasanya kita mendengar suara ayam berkokok, maka hadis nabi mengajarkan agar saat itu kita memohon kepada Allah fadhl (karunia) pemberian yang baik dari Allah, sebagaimana jika kita mendengar bunyi keledai kita minta perlindungan dari Allah, hal ini didasari dari hadis yang shohih. Imam Nawawi rahimahullah memberikan penjelasan karena pada saat itu diharapkan doa malaikat menyertainya sehingga kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah dan permohonan ampun (istighfar) dari para malaikat. Hadis lain yang menjelaskan keutamaan sahur menyebutkan bahwa para malaikat bershalawat kepada mereka yang sahur. Shalawat dari para malaikat artinya adalah doa agar diampuni dosanya oleh Allah.

Kelima : Mengucapkan aamin setelah al fatihah yang dibaca imam.

Hadis nabi menyebutkan “ jika imam membaca (ghoyril maghdhub ….) maka ucapkanlah aamin karena yang perkataannya sama seiring dengan doa malaikat maka akan diampuni dosanya yang terdahulu (Muttafaqun ‘alayhi). Al Fatihah adalah surat yang mulia yang didalamnya terdapat banyak makna dan pelajaran, kemudian dalam akhir surat tersebut adalah doa yang dipintakan kepada Allah agar diberikan petunjuk jalan yang lurus yaitu agama Islam, tidaklah ada orang yang sesat setelah mendapatkan petunjuk dan menerima ajaran Allah, tidaklah terdapat karunia dan pemberian yang lebih tinggi dan bermanfaat melainkan petunjuk dan hidayah Islam. Sungguh dia tidak akan sengsara dan kecewa, dan alangkah bernilainya pemberian tersebut sehingga malaikatpun ikut serta memohonkan agar diberikan dan dikabulkan permohonan sang hamba Allah yang beriman.